Objek Wisata Pura Uluwatu Bali

Objek Wisata Pura Uluwatu Bali - Pura Uluwatu salah satu obyek wisata andalan Pulau Dewata, dibangun di atas batukarang terjal dan tinggi sekitar 70 meter, posisi karang ini menjorok ke laut (samudra Indonesia) yang terkenal dengan keindahan sunset / matahari tenggelam. Pura Luhur Uluwatu berfungsi sebagai tempat pemujaan Dewa  Rudra. 

Pura Uluwatu dipercaya oleh umat Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin atau disebut dengan Pura Sad Kahyangan. Pura Luhur Uluwatu masih wilayah Kecamatan Kuta , desa Pecatu, Kabupaten Badung, sekitar 25 km ke arah selatan dari wilayah wisata Kuta, terletak di ujung Barat Daya Pulau Dewata, lokasi tergolong terjangkau dari tempat-tempat pariwisata lainnya.

Pura uluwati juga memiliki fungsi bagi umat hindu yaitu sebagai tempat pemujaan Dewa Rundra, umat hindu meyakini bahwa pura uluwatu merupakan sanggahan dari 9 mata angin dan disebut sebagai Pura sad Kahyangan. Pura uluwatu juga merupakan salah satu objek wisata pilihan bagi turis dalam maupun luar negeri.




Pura Uluwatu merupakan salah satu obyek wisata populer dan menjadi destinasi wajib saat kunjungan tour. Pura terletak di penghujung batu karang, terlihat begitu unik dan menarik, disini para pengunjung dapat melihat matahari terbenam / sunset yang indah. Kawasan pura tersedia stage tempat digelarnya pertunjukan tari Kecak setiap sore hari, dengan latar belakang sunset menjadikannya sebuah pertunjukan spektakuler, dengan diiringi oleh kelompok penari laki-laki berjumlah sekitar 50 orang. Jika anda Liburan ke pulau ini sempatkan untuk menikmati sunset di Uluwatu dengan hiburan tari kecak.

Ada berbagai cara untuk bisa mengunjungi tempat ini, wisatawan bisa ikut paket full day Uluwatu - watersport tour  atau juga half day GWK - Uluwatu, paket tersebut telah kami susun rute perjalanannya. Pilihan lainnya wisatawan bisa sewa mobil + supir + bbm menentukan sendiri rute objek wisata pilihannya, bisa juga setir sendiri kalau sudah tahu rute/ jalan ke destinasi tersebut.    

Uluwatu memang kita kenal sebagai tempat yang menawarkan keindahan matahari terbenam, dimana bola bundar dengan rona jinnga kemerahanini seolah tenggelam ditelan samudera Indonesia di sebelah Barat kaki cakrawala, ditambah paduan tari Kecak dipentaskan setiap sore harinya dimulai pukul 18.00 selama 1 jam, menjadikanya objek paling dicari pada sore hari oleh wisatawan, pementasan Tari Kecak ini tergolong paling menarik dan mengasikkan, dengan durasi pementasan cukup lama, latar belakang sunset, serta penonton kadang-kadang diajak ikut berinteraksi.Sehingga menjadikannya pengalaman menarik.

Bagaimanakah peran tari kecak di Uluwatu untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Pura Uluwatu?

Sejak berdiri pada tahun 1999 Tari Kecak Uluwatu telah berhasil menyita perhatian dunia melalui dengan menghadirkan sebuah pementasan tari bali yang dikemas dengan sangat menghibur di Open Air Stage Pura Uluwatu. Pemilihan tari kecak Bali sebagai atraksi wisata dikawasan ini sangatlah tepat selain karena kecak merupakan tarian yang begitu unik dibandingkan dengan jenis tarian lain, juga sangat dibantu oleh lokasi stage yang sangat strategis dengan pemandangan yang menarik untuk dinikmati oleh para wisatawan. 

Hal inilah yang kemudian meyakinkan para travel agen untuk mulai membuka kran selebar-lebarnya untuk paket wisata Tari Kecak Uluwatu yang dirangkai dengan beberapa tempat wisata lainnya. Dengan kehadiran atraksi kecak di kawasan wisata Pura Uluwatu, para wisatawan memiliki alasan lebih untuk terus datang berkunjung, selain dapat mengamati lebih dekat keberadaan Pura di Uluwatu sebagai warisan sejarah Agama Hindu di Bali, kawasan wisata Pura Uluwatu juga menawarkan keindahan alam sekitar, dan tentunya Tari Kecak Uluwatu.

Kehadiran atraksi Tari Kecak yang dipentaskan setiap hari pada sore hari tersebut telah berhasil membuat lonjakan kedatangan wisatawan yang berkunjung pada sore harinya. Kebanyakan wisatawan memilih untuk berkunjung ke Pura di Uluwatu pada waktu sore hari, selain karena pemandangan disekitar dan sunset, kehadiran atraksi Tari Kecak Uluwatu juga mampu menjadi alasan lain bagi wisatawan untuk memilih waktu berkunjung di sore hari. Ribuan penonton yang selalu memadati Uluwatu Open Air Stage adalah bukti nyata kontribusi Kecak dance Uluwatu untuk mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung ke Uluwatu.
view plainprint?