BJBR, Wisata Hutan Mangrove Di Probolinggo

INDOWISATA - Mangrove atau bakau, akhir-akhir ini sedang naik daun. Beberapa daerah telah dan sedang mengembangkan hutan mangrovenya untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Kota Probolinggo adalah salah satunya. Bila dahulu kita mendengar wisata Probolinggo, yang terbayang pasti Gunung Bromo. Tetapi tahukah anda, sekarang sudah ada wisata baru di Kota Probolinggo? 

Sebuah tempat wisata baru yang bernuansa alam bakau telah dibangun Kota Probolinggo, tepatnya di Kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo, Jawa Timur, ekowisata bakau ini berdiri dengan nama Bee Jay Bakau Resort atau disingkat BJBR.




Akses menuju BJBR dapat dicapai dengan mengunakan bus dengan turun di Terminal Bayuangga- Probolinggo, diteruskan naik angkot line G, turun di depan Stasiun Probolinggo, kemudian naik becak menuju ke Pelabuhan Perikanan Pantai Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo Jawa Timur. Bila menggunakan kereta api anda bisa turun di Stasiun Probolinggo, dilanjutkan dengan naik becak.

BJBR menawarkan wisata dengan daya tarik alam dan telah memenangkan penghargaan pariwisata daya tarik alam tingkat Provinsi Jawa Timur. Anda dapat menikmati fasilitas yang ada antara lain:



  • Majengan Bakau Beach, sebuah pantai pasir putih buatan lengkap dengan pulau-pulau kecil berhiaskan lampu berbagai bentuk, 
  • saung-saung yang nyaman untuk bercengkerama bersama keluarga anda 
  • permainan air seperti: kano tunggal, kano ganda, sepeda air atau perahu tangan. Bila anda pencinta olah raga voli pantai, 
  • BJBR menyediakan lapangan bola voli pantai bertaraf internasional lengkap dengan perlengkapannya. 
  • BJBR juga sedang menambah wahana baru berupa water splash dengan 60 titik semburan dan 15 variasi semburan, juga sedang dibangun waterboom dengan panjang lintasan 40 meter dan ketinggian 6 meter.




Puas bermain di MBB, anda bisa merasakan sejuknya alam hutan bakau yang dapat dinikmati dengan berjalan di jembatan kayu sepanjang 750meter. Pemandangan pantai pasang surut sangat elok untuk diabadikan. 

BJBR juga menyediakan berbagai masakan sari laut yang dapat anda nikmati di restoran tenda yang terkenal dengan nama rest-O-tent. 




  • Aneka masakan kepiting, baby lobster, 
  • kerang, 
  • cumi, 
  • ikan laut, 
  • dll.

Minuman yang paling khas di rest-O-tent adalah Jus Kedondong, dan tentunya aneka minuman kelapa muda.




Pengen tinggal lebih lama, tenang saja, BJBR juga sudah dilengkapi dengan bungalow-bungalow yang nyaman dengan dua tipe: Junior Suite dengan view laut langsung atau Executive dengan view hutan bakau. Bila anda ingin menelusuri hutan bakau sepanjang pantai, telah tersedia kapal katamaran dengan daya angkut 8 orang per kapal.




Tinggal dan berlibur di BJBR merupakan pengalaman yang luar biasa, karena anda akan disuguhi berbagai biota dari ekosistem pantai pasang surut: ada kepiting tarung, kepiting panjat ungu, ikan gelodok, burung king fisher, bangau dan masih banyak lagi.

BJBR adalah sebuah wujud kepedulian swasta atas pengelolaan hutan bakau di Kota Probolinggo dan mungkin satu-satunya di Indonesia yang menyediakan fasilitas sedemikian lengkapnya.
view plainprint?