Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor - Kebun Raya Bogor adalah sebuah kebun botani dengan luas lebih dari 85 hektar dan mempunyai koleksi tumbuhan sebanyak lebih dari 15,000 tumbuhan. Kebun Raya Bogor adalah tempat wisata di Bogor yang paling cocok untuk berpiknik, sehingga tidak aneh apabila pada akhir pekan Kebun Raya Bogor penuh dengan pengunjung. Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor adalah 14,000 Rupiah per orang.

Salah satu daya tarik utama Kebun Raya Bogor adalah bunga bangkai (Amorphophalus titanum) karena saat-saat mendekati mekar akan mengeluarkan bau bangkai yang menyengat. Bunga ini dapat mencapai tinggi 2m dan merupakan bunga majemuk terbesar di dunia tumbuhan.

Pada tanggal 19 Desember 1992, ditanamlah bunga bangkai jenis bunga bangkai Amorphophalus titanum Becc. (Araceae atau suku talas-talasan). Bunga ini berasal dari Muara Aimat - Jambi, dengan berat umbi 100 kg.




Pada tanggal 5 Februari 1994, muncul tunas bunga, kemudian pada tanggal 9 Maret 1994 tingginya telah mencapai 1 meter. Lima hari kemudian tinggi tanaman ini bertambah menjadi 1,5 meter. Karena tanaman ini termasuk langka, maka tanaman ini termasuk salah satu tanaman yang dilindungi dan dikembangbiakkan.

Tugu Peringatan Reinwardt

Pada 16 Mei 2006, memperingati 189 tahun Kebun Raya Bogor (KRB), Kedutaan Besar Jerman bersama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), meresmikan Tugu Peringatan Reinwardt di dalam kompleks kebun. Monumen sederhana di seberang kolam depan Istana Bogor tersebut diresmikan oleh Kepala LIPI Umar Anggara Jenie dan Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Joachim Broudré-Gröger.

Peringatan ulang tahun ini juga dimeriahkan dengan acara "ASEAN-China Workshop Botanical Garden on Management and Plant Conservation". Selain Cina, kegiatan ini diikuti oleh negara anggota ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Laos, Kamboja, Thailand, Myanmar, dan Vietnam. Lokakarya itu bertujuan untuk meningkatkan kerja sama di bidang perkebunan dan konservasi tumbuhan di kawasan ASEAN-Tiongkok.

Puncak acara peringatan ulang tahun ditandai dengan penanaman bibit pohon oleh sepuluh Menteri Lingkungan Hidup ASEAN yang hadir dalam rangka acara "ASEAN Environmental Year" di Indonesia. Acara tersebut merupakan yang ketiga kalinya setelah yang pertama di Brunei Darussalam pada 2000 dan yang kedua di Kamboja pada 2003 [1][2]

Rusak akibat badai

Pada 1 Juni 2006 sekitar pukul 20.00-20.30 WIB, sebanyak 124 pohon di Kebun Raya Bogor yang banyak di antaranya berusia di atas 100 tahun tumbang akibat angin kencang dan badai. Berkaitan dengan itu, kebun raya ditutup untuk umum minimal selama satu pekan guna pembenahan pohon-pohon tumbang tersebut.

Kerusakan yang terjadi di Kebun Raya Bogor (KRB) sangat memprihatinkan. Kerusakan bukan hanya beberapa bidang pagar besi roboh tertimpa pohon, atau belasan pohon tumbang yang terlihat dari jalan raya yang mengitari KRB, tetapi juga kondisi di dalam KRB.

Areal kebun dekat pintu coklat Istana Bogor, yang tidak terlihat dari jalan raya, porak-poranda. Pohon-pohon yang diameternya 50 sentimeter dan tingginya 30-50 meter roboh, rebah malang melintang di tanah dan jalan-jalan di dalam KRB. Di antaranya ada pohon yang diameter pangkalnya sampai satu meter lebih tumbang, tercerabut dengan akar-akarnya.

Kerugian material KRB mencapai miliaran rupiah, sementara kerugian imaterial tidak dapat dihitung karena semua pohon koleksi dan usianya sudah sangat tua

Lokasi

Kebun Raya Bogor terletak di jantung Kota Bogor, yaitu di Jalan Ir. H. Juanda No. 13, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Pengelolaan kebun raya ini berada di bawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Untuk memperoleh informasi lebih lanjut, wisatawan dapat menghubungi Bagian Jasa dan Informasi Kebun Raya Bogor di nomor telepon/fax 0251-8311362.

Akses

Wisatawan yang berminat mengunjungi Kebun Raya Bogor dapat menempuh perjalanan dari Jakarta. Dari ibu kota negara ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum (bus maupun kereta api). Sarana transportasi umum Jakarta-Bogor umumnya cukup ramai, sehingga wisatawan tak perlu khawatir kesulitan memilih kendaraan yang diinginkan. Sesampainya di terminal atau stasiun di Kota Bogor, wisatawan dapat menggunakan jasa angkutan kota atau taksi untuk menuju Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Kebun Raya Bogor telah dilengkapi fasilitas pendukung berupa rumah inap dan restoran. Rumah inap yang merupakan bekas rumah direktur kebun raya pada jaman kolonial tersebut dapat disewa oleh masyarakat umum dengan tarif Rp40.000,00 per kamar per malam. Tarif ini sudah termasuk fasilitas sarapan pagi. Selain rumah inap, ada juga sebuah kafe dengan suasana alami, yaitu Cafe Botanicus. Kafe yang dikelilingi halaman berumput hijau dan kolam besar ini menyediakan berbagai menu untuk dinikmati di tengah suasana sejuk Kebun Raya Bogor.

Luasnya areal kebun raya membuat perjalanan kita akan terasa melelahkan. Namun jangan khawatir karena kebun raya ini memiliki tempat-tempat untuk beristirahat dan bersantai. Wisatawan dapat memilih kursi atau sekedar beralaskan rumput untuk duduk bersantai melepas lelah, sembari menikmati minuman atau makanan yang dibawa dari rumah. Bisa juga memilih beristirahat di tepian kolam yang dihiasi bunga teratai atau air mancur yang indah. Bagi wisatawan yang membawa anak-anak, areal hamparan rumput merupakan tempat yang cocok untuk bermain, sementara para orang tua cukup duduk-duduk sambil mengawasi mereka.

Supaya perjalanan menelusuri kebun raya menyenangkan, sebaiknya wisatawan menggunakan alas kaki yang nyaman, karena penjelajahan umumnya dilakukan dengan berjalan kaki. Akan lebih baik lagi jika tamasya Anda ke kebun raya bisa didampingi oleh pemandu yang akan memberikan keterangan yang memadai mengenai sejarah dan koleksi Kebun Raya Bogor. Para pemandu di kebun raya ini terbagi ke dalam tiga kelompok, yaitu pemandu berbahasa Indonesia, Jepang, dan Belanda.

Daftar Tarif Kebun Raya Bogor :

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor: 106 Tahun 2012, Tanggal 24 Desember 2012, mulai 1 Maret 2013 berlaku tarif masuk bagi pengunjung Kebun Raya Bogor sebagai berikut :

  * Tiket Masuk Rp. 14.000,- / orang.
  * Tiket Khusus Wisatawan Asing Rp. 25.000,- / orang.
  * Kendaraan Keliling Roda 4 Rp. 30.000,-.
  * Parkir Kendaraan Roda 2 Rp. 5.000,-.
  * Tiket Sepeda Keliling Rp. 5.000,- 
view plainprint?