Objek Wisata Pura Tanah Lot Bali

Objek Wisata Pura Tanah Lot Bali - Pura Tanah Lot merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang terkenal di pulau dewata ini. Pura ini berada di dalam wilayah desa Baraban, kecamatan Kediri, kabupaten Tabanan, dan berjarak sekitar 33 km di sebelah barat kota Denpasar atau berjarak sekitar 11 km di sebelah selatan kota Tabanan. Berdasarkan asal-usulnya pura ini memiliki arti sebagai "tanah laut" atau "tanah di laut".

Kata Tanah Lot mempunyai makna dari kata "Tanah" yang diartikan sebagai batu karang yang menyerupai gili atau pulau kecil, sedangkan kata "Lot atau Lod" mempunyai arti laut. Sehingga nama Tanah Lot diartikan sebagai pulau kecil yang terapung di tengah lautan.




Pura Tanah Lot terkenal sebagai obyek wisata di Bali karena letaknya pura yang berada di atas batu karang di laut dekat pantai. Batu karang tersebut terpisah dengan batu karang yang lainnya dan bilamana air laut sedang pasang maka pura Tanah Lot terlihat seperti mengapung karena dikelilingi oleh air laut yang berombak. Pura Tanah Lot dibangun di atas batu karang seluas ± 3 are dan dapat dicapai dalam beberapa menit dengan berjalan kaki, karena hanya berjarak sekitar 100 meter dari tepi pantai. 

Bila air laut sedang surut, pada beberapa celah batu karang di sekitar pura Tanah Lot terdapat beberapa ekor ular belang berwarna hitam putih yang sangat jinak dan menurut penduduk setempat bahwa ular-ular tersebut adalah milik dewata yang bertugas sebagai penjaga pura Tanah Lot. Menurut informasi, di sekitar pura juga terdapat mata air tawar yang hanya dapat terlihat bilamana air laut sedang surut.

Pura Tanah Lot adalah pura umum yang berfungsi untuk pemujaan Sang Hyang Widhi atau Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasinya sebagai Dewa Baruna yaitu dewa penguasa laut. Selain itu juga berfungsi sebagai tempat suci untuk memjua kebesaran dan kemuliaan Dang Hyang Nirartha sebagai seorang pendeta yang dianggap sebagai bhatara Sakti wau Rauh. Dengan demikian pura Tanah Lot adalah tergolong sebagai pura umum yang mempunyai sifat dan karakter sebagai pura Dang Kahyangan. 

Berbeda dengan pura-pura lainnya di Bali, pura Tanah Lot tidak memiliki beberapa halaman karena dibangun pada suatu dataran batu karang yang tidak beraturan sudut-sudut halamannya. Untuk memasuki pura harus melalui liku-liku batu karang yang merupakan tangga-tangga naik tidak beraturan, mulai dari sebelah utara lalu membelok kearah barat dan ke selatan kemudian harus menaiki beberapa tangga lagi untuk sampai ke halaman pura. 

Dibagian utara Pura Tanah Lot ada sebuah Pura yang berada di atas tebing yang menonjol ke laut. Tebing inilah yang menghubungkan Pura dengan daratan yang membentuk hampir seperti jembatan. Wisata Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari yang terbenam atau Sunset, seperti halnya Wisata Pantai Kuta dan saingannya adalah Pantai Sanur atau Pantai Matahari Terbit atau Sunrise. Ketika sore tiba para turis biasanya ramai mengunjungi tempat ini untuk melihat keindahan sunset yang ada di sini.

Hari raya yang ada di Pura ini diperingati setiap 210 hari sekali, seperti pura-pura yang lain. Hari rayanya tidak jauh dengan perayaan Galungan dan Kuningan dan lebih tepatnya pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir. Saat itu, orang yang sembahyang akan ramai mengunjungi Pura Ini untuk Bersembahyang.
view plainprint?