Wisata Alam Wana Wisata Penggaron

INDOWISATA - Kawasan wana wisata Penggaron adalah salah satu tempat wisata di Ambarawa yang terletak di wilayah Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten semarang, kurang lebih 2 km arah Kota Ungaran atau sekitar 18 km arah Selatan Kota Semarang. wana wisata ini adalah salah satu hutan dengan luas kurang lebih 1500 hektar binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Masyarakat disekitar Semarang biasa memanfaatkan Wana Wisata Penggaron ini untuk berbagai aktivitas. Mulai dari olah raga, jungle tracking, outbound training, latihan SAR dan Pramuka, rekreasi, hingga penelitian dan kepentingan ilmu pengetahuan lainnya.



Wanawisata Penggaron juga sering dijadikan sebagai lokasi pengamatan burung (bird watching) yang cukup strategis. Selain itu lokasinya yang sangat dekat dengan kota, wana wisata Penggaron juga memiliki koleksi beragam kehidupan liar terutama burung yang cukup banyak dan menarik. SBC mencatat setidaknya ada 97 spesies yang terdapat dalam wanawisata tersebut. Dengan beberapa spesies yang menarik seperti Merak Hijau, Elang Ular Bido, Kadalan Birah, Kadalan Kembang dan beberapa raptor migran.

Potensi berupa keanekaragaman jenis burung di dalamnya serta jalur migrasi raptor dari belahan bumi utara tersebut, diharapkan mampu membuat wana wisata Penggaron bukan hanya dikenal sebagai hutan wisata yang biasa saja, namun juga mampu menjadi ekoduwisata (wisata alam yang berwawasan lingkungan dan pendidikan).

Ada wacana bahwa wana wisata Penggaron ini akan dijadikan Jateng Park pada tahun 2016. Jika benar terealisasi, Jateng Park nantinya akan dijadikan one stop destination for recreation. Karena selain wisata alam serta taman satwa dan safari yang akan menjadi sajian utama wisatawan, juga akan dilengkapi dengan wisata kuliner, lapangan golf, hotel, icater park, jogging track, playground, outbond dan camping ground, penangkaran satwa, downhill track bahkan akan dilengkapi dengan sirkuit offroad.

Menuju Lokasi: Dari arah Semarang setelah Taman Unyil maju terus, setelah Bappeda Kabupaten Semarang belok kiri, belok kiri lagi lantas belok kanan. Bisa juga setelah Mapolres Ungaran belok kiri, lurus mentok belok kiri, maju terus mentok belok kanan, setelah menyeberangi jembatan Tol Semarang Solo, wana wisata Penggaron ini berada di sebelah kiri jalan.
view plainprint?