Wisata Sejarah Danau Limboto

Wisata Sejarah Danau Limboto - Danau Limboto seluas 3.000 hektar jelas memiliki peran penting bagi wilayah sekitarnya sebagai daerah resapan air bagi daerah di sekitarnya. Letak administratif danau ini berada di Kecamatan Limboto, Gorontalo. 

Selain memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat sekitarnya, danau ini adalah salah satu tempat yang menarik sebagai tujuan wisata. Pagi hari ataupun menjelang senja merupakan waktu paling baik untuk mengunjungi Danau Limboto. Saat Matahari terbit atau tenggelam, pemandangan danau kian semarak oleh kilau cahaya Matahari yang jatuh di permukaan air danau dan warna langit yang berubah warna.

Memancing, berkeliling danau dengan berperahu, atau menikmati pemandangan bunga teratai dan eceng gondok mekar adalah beberapa daya tarik yang dapat Anda lakukan di danau ini. Kekayaan danau berupa ikan air tawar pun dapat dimanfaatkan untuk memancing. 




Danau Limboto juga merupakan muara dari lima sungai besar, yaitu: Sungai Bone Sungai Bolango, Sungai Daenaa, Sungai Alo, Sungai Bionga, dan Sungai Molalahu. Air Danau Limboto dialirkan melalui Sungai Topadu yang bermuara di Teluk Tomini dengan jarak sekitar 10 km.

Pada era 1950-an, danau yang memiliki kedalaman hingga 27 m ini pernah menjadi landasan mendarat bagi pesawat amphibi yang ditumpangi Presiden Soekarno. Bung Karno saat itu tengah melakukan kunjungan ke Gorontalo. Sayangnya, kian tahun danau ini semakin dangkal saja. Diperkirakan saat ini kedalaman danau hanya sekira 3-7 m saja. 

Pendangkalan Danau Limboto diakibatkan oleh erosi dan sedimentasi  yang diakibatkan kegiatan pertanian yang tidak mengindahkan konservasi tanah dan pembukaan hutan. Hal ini hendaknya menjadi perhatian bagi pihak terkait mengingat peran penting danau tersebut. 

Bagaimana pun juga menjaga danau ini menjadi tanggung jawab bersama. Apabila dibiarkan maka diprediksikan 15 tahun lagi danau ini akan lenyap atau rata dengan permukaan darat. Padahal, Danau Limboto sangat vital perannya sebagai tangkapan air hujan untuk mencegah banjir di Gorontalo.

Akomodasi


Mengingat lokasi danau yang tak jauh dari pusat Kota Gorontalo, menginap di kota ini dapat menjadi pilihan Anda. Berikut adalah daftar beberapa pilihan Anda.

Quality Hotel Gorontalo
Jl. A. Yani Kota Gorontalo
Tlp: (0435) 822222, Fax (+62435) 821111

Saronde Hotel
Jalan. Walanda Marmis 
Tlp: (0435) 824144

Yulia Hotel
Jl. Ahmad Yani 
Tlp: (0435) 828395

Wisata Hotel
Jl.23 Januari 
Tlp : (0435) 821736

Transportasi


Danau Limboto sangat mudah diakses. Letaknya tak jauh dari Bandara Jalaluddin, yaitu sekira 17 km atau 15 menit berkendara. Untuk mencapai lokasi, Anda tinggal naik taksi atau mobil sewaan dari bandara. 

Apabila Anda ingin berkeliling danau dengan menumpang perahu, terdapat sejumlah jasa perahu sewaan yang dapat dimanfaatkan. Harga atau tarif biasanya sesuai kesepakatan dengan penyewa perahu. Danau Limboto adalah kawasan wisata yang dapat dinikmati dan dikunjungi pesona kecantikannyasecara gratis. Tidak ada biaya masuk kawasan danau yang luas ini.
view plainprint?