Wisata Religi Kuil Ban Hin Kiong

Wisata Religi Kuil Ban Hin Kiong - Kuil Ban Hin Kiong yang indah ini berada di pusat Kampung Cina Manado dan telah berusia 335 tahun ini merupakan kuil Cina tertua yang dibagun di sini selama dinasti Qing di Cina (1644-1911). Kuil ini adalah rumah ibadah untuk para pengikut Tridharma di Manado dan daerah sekitarnya.

Nama Ban Hin Kiong terdiri dari tiga kata, Ban berarti "banyak", Hin berarti "nikmat berlimpah" dan Kiong berarti "istana". Oleh karena itu, Ban Hin Kiong berarti istana suci yang memancarkan banyak kebahagiaan. Di kuil Ban Hin Kiong, diadakan sejumlah acara tahunan setiap Tahun Baru Cina dan pada Goan Siao atau Cap Go Meh.




Akomodasi


Karena Kuil ini terletak di pusat kota Manado, Anda bisa menemukan banyak hotel untuk menginap, dari hotel bintang tiga sampai penginapan yang terjangkau. Perjalanan ke kuil ini hanya memakan waktu sekitar 15 sampai 20 menit dari Manado.

Transportasi


Kuil  Ban Hin Kiong terletak di jalan D.I. Panjaitan Manado, yang merupakan pusat kota Kampung China dimana terdapat banyak pura dan kuil, rumah-rumah dan pasar menarik yang dikelola oleh orang Cina. Candi sangat strategis dan mudah dicapai dengan transportasi umum, mikrolet atau taksi. Pengunjung juga dapat menyewa mobil atau sepeda motor untuk berkeliling Kampung China.

Kuliner


Karena Kuil ini terletak di dalam Kampung Cina, Anda bisa menemukan banyak restoran Cina dan warung di sekitar sini. Coba cicipi loba, daging babi yang diiris dan dicelupkan ke dalam saus tapioka, rasanya manis dan harganya hanya sekitar Rp 10 ribu per porsi.
view plainprint?