Taman Nasional Lore Lindu Sulawesi Tengah

Taman Nasional Lore Lindu Sulawesi Tengah - Bagi Anda pecinta alam liar, berkunjung ke Taman Nasional Lore Lindu kiranya wajib masuk daftar tujuan petualangan berikutnya. Berlokasi di dua kabupaten yaitu Donggala dan Pos di Sulawesi Tengah. Lore Rindu adalah  taman nasional yang menyajikan alam megah untuk dijelajahi.

Dengan luas sekira 231.000 hektar, di sini berdiam flora dan fauna endemik langka Sulawesi yang tidak bisa Anda temui di belahan dunia lain. Secara sekaligus akan Anda jumpai kawasan pegunungan, danau, rawa dan hutan sekaligus dalam perpaduan lengkap dan utuh. Ada juga Danau Lindudi di kaki Gunung Nokilalaki dengan ketinggian 2355 m dpl. Danau tersebut menjadi sumber mata pencaharian nelayan setempat yang menvari ikan air tawar.




Untuk kepentingan pengunjung, taman nasional ini dilengkapi kantor, pondok jaga, pos jaga, pintu gerbang, pusat informasi, camping ground, wisma tamu, menara pandang, shelter, jalan trail, dan lainnya.

Kawasannya ini memiliki berbagai tipe ekosistem hutan yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya adalah ekosistem hutan pamah tropika dengan curah hujan tinggi, ekosistem hutan pegunungan bawah, ekosistem hutan pegunungan, dan ekosistem dengan komposisi jenis yang berbeda. 

Taman Nasional Lore Lindu memiliki curah hujan antara 2000-3000 mm per tahun di bagian utara dan 3.000-4.000  mm per tahun di bagian Selatan. Suhunya bekisar antara 22-34°C dengan  kelembaban udara rata-rata 86% serta kecepatan angin rata-rata 3,6 km per jam. Puncak tertinggi kawasan ini berada di Gunung Rorekatimbu sekira 2.600 m dpl.

Diperkirakan ada 117 jenis mamalia, 88 jenis burung, 29 jenis reptilia, dan 19 jenis amfibia yang hidup di kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Dari jumlah tersebut 50% merupakan endemik Sulawesi, seperti 
kera tonkean (Macaca tonkeana tonkeana), 
babi rusa (Babyrousa babyrussa celebensis), 
tangkasi (Tarsius diannae dan T. pumilus), 
kuskus (Ailurops ursinus furvus dan Strigocuscus celebensis callenfelsi), 
maleo (Macrocephalon maleo), katak Sulawesi (Bufo celebensis), 
musang Sulawesi (Macrogalidia musschenbroekii musschenbroekii), 
tikus Sulawesi (Rattus celebensis), 
kangkareng sulawesi (Penelopides exarhatus), 
ular emas (Elaphe erythrura), 
dan ikan endemik yang berada di Danau Lindu (Xenopoecilus sarasinorum).

Fauna yang tumbuh di kawasan ini juga beragam. Beberapa jenis yang termasuk endemik adalah wanga dan leda. Tanaman leda sering digunakan sebagai bahan kosmetik kecantikan karena mempunyai bau yang harum. Ada pula tumbuhan sejenisrotan (Calamus spp), pohon Ara (Ficusspp), Aren (Arenga pinnata), damar (Agathis damara) dan kantung semar (Nephentessp), serta Pangi (Pangium edule) yang buahnya merupakan bahan makanan ataulebih dikenal dengan nama rawon.

Taman Nasional Lore Lindu mendapat dukungan dan bantuan teknis internasional setelah ditetapkan sebagai cagar biosfir atau paru-paru dunia oleh UNESCO tahun 1977. Tidak hanya kaya sumber daya alam dan hayati, taman nasional ini juga menyimpan sisa peradaban megalitik dan merupakan salah satu monument megalitik terbaik di Indonesia. 

Sekitar 431 situsmegalitik peninggalan peradaban Lembah Besoadi Taman Nasional Lore Lindu tersebut terlihat harmonis berdampingan dengan alam liar yang megah. Anda dapat mengamati beragam peninggalannyaberupa patung manusia, jambangan besar (kalamba), piringan (tutu’na), batu-batu cembung (batu dakon), mortir batu dan tiang penyangga rumah dengan ukuran yang berbeda-beda. 

Saat ini sebagian peniggalan tersebut masih berdiri kokoh dengan kondisi yang baik dan diperkirakan usianya ratusan tahun. Di sekitar taman nasional ini juga masih berdiam beberapa suku lokal Kaili yang meliputi: Kaili Ledo, Kaili Ija, Kaili Ado, kaili Moma, Kaili Tohulu, dan Kaili Da'a. Semua suku tersebut merupakan keturunan suku Ash. Selain itu, ada juga warga pendatang dari luar seperti suku Bugis, Jawa, Toraja dan Bali.

Akomodasi


Salah satu akomodasi yang paling dekat dengan Taman Nasional Lore Lindu berada di Desa Wuasa. Di sini terdapat dua penginapan yakni penginapan Sendy dan Monalisa, kedua penginapan tersebut bertarif antara Rp75.000,- hingga Rp 100.000,-

Transportasi


Taman Nasional Lore Lindu dapat dicapai dengan kendaraan roda empat melalui rute Palu-Kamarora (50 km) dengan waktu tempuh 2,5 jam, Palu-Wuasa (100 km) lima jam dan Wuasa-Besoa (50 km) empat jam. Palu- Kulawi (80 km) enam jam.

Perjalanan di kawasan taman nasional dapat dilakukan dengan jalan kaki ataupun dengan naik kuda melalui rute Gimpu-Besoa-Bada selama tiga hari dan Saluki (Sidaonta)-Danau Lindu selama satu hari.
view plainprint?