Wisata Taman Laut Teluk Tomini Olele

Wisata Taman Laut Teluk Tomini Olele Yang Indah - Desa Olele terkenal dengan tempat menyelamnya yang menantang diantara para penyelam profesional dunia. Pantai Olele adalah pintu gerbang menuju surga bawah laut. Keindahan kehidupan bawah laut yang luar biasa di daerah ini telah diakui dan terbukti dengan antusianisme para penyelam yang datang ke pantai Olele. Para penyelam menyebut Olele sebagai tempat menyelam yang paling indah.

Ada banyak hal yang menjadikan Gorontalo sempurna untuk liburan Anda, keindahan alamnya, budayanya yang unik dan warganya yang ramah. Informasi umum tentang Gorontalo, berada di Sulawesi Utara. Pegunungan, bukit, pesisir pantai adalah ciri utama dari Gorontalo dan menjadikan pulau ini sempurna untuk wisata bahari.




Sebagian besar tempat penyelaman hanya berjarak beberapa menit dari kota. Menyelam  di Gorontalo berarti menyelam dalam kekayaan keanekaragaman hayati yang masih alami dan karang serta terumbu yang sempurna.

Banyak tempat indah dapat ditemukan di sini. Teluk Tomini, misalnya, terkenal dengan habitat bawah air dan biota lautnya yang indah dan ada beberapa pulau kecil yang belum terjamah berdiam di pulau ini. Teluk Tomini merupakan surga bagi para penyelam, karena posisi geografisnya yang dilintasi garis khatulistiwa.

Di Teluk Tomini dan Pantai Olele, Anda dapat menemukan beberapa atau mungkin makhluk bawah air yang paling menakjubkan seperti:

Terumbu karang raksasa (Petrosia Sp.)
Ikan gobi (Bryaninops Erythrops)
Karang salvador dali (Petrosia Lignose)
Kipas laut biru (Acanthogorgia Sp.). 

Hanya ada 3 di Gorontalo.
Anemon (Discosoma Sp.)
NemoIkan behang (Plectorhinchus Chaetodonoides), beberapa orang menyebutnya sebagai ikan cha-cha karena terlihat seperti menari-nari di sekitar koral.
Blenni (Escenius Caeruliventris)
Ikan cardinal,
 ikan damsel, 
ikan kelelawar, 
ikan batus, 
oxycephala, 
ikan goropa, 
ikan kupu-kupu, 
pusillus,
ikan kakatua, 
ikan randal, 
ikan scorpio, 
ikan sebelah (ikan yang memiliki separuh wajah), 
ikan Katak, dan 
CelebesGorontalo adalah istana bagi siput lautKuda laut

Akomodasi

Resor Gorontalo merupakan pilihan akomodasi yang terbaik karena dekat dengan daerah menyelam. Jika Anda memilih untuk tinggal di kota, hotel-hotel berikut mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda:

Quality Hotel Gorontalo
Jl. A. Yani Kota Gorontalo
Tlp: (0435) 822222, Fax (+62435) 821111

Saronde Hotel
Jalan. Walanda Marmis 
Tlp: (0435) 824144

Yulia Hotel
Jl. Ahmad Yani 
Tlp: (0435) 828395

Wisata Hotel
Jl.23 Janua


Transportasi

Untuk Anda yang ingin mengunjungi Gorontalo maka tersedia penerbangan melalui Bandara Jallaludin yang berjarak 15 km dari kota Gorontalo. Penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta ke Bandara Jallaludin di Gorontalo tersedia setiap harinya.

Bagi Anda yang menggunakan transportasi  kapal laut maka Gorontalo memiliki 3 pelabuhan, yaitu Pelabuhan Anggrek, Pelabuhan Kwandang dan Pelabuhan Crossing.
view plainprint?