Tempat Objek Wisata Di Ambarawa

Tempat Objek Wisata Di Ambarawa - Di Kota Ambarawa saat ini memang yang paling dikenal adalah wisata budaya museum Palagan. Mungkin jika mendengar nama tempat wisata ini anda sudah mendapat sedikit gambaran mengenai tempat wisata di daerah tersebut. Selain wisata budaya, anda pun juga dapat menikmati beberapa tempat wisata lainnya seperti wisata alam yang juga tak kalah menariknya.

Nah, berikut ini beberapa tempat wisata di Ambarawa yang memang memiliki keindahan yang menarik untuk anda kunjungi. Silahkan simak uraiannya di bawah ini.

1. Kampoeng Rawa (Kampung Rawa)




Salah satu tempat wisata yang ada di Ambarawa ini adalah Kampoeng Rawa. Tempat wisata ini berupa pondok-pondok rumah makan yang memang masih tergolong baru. Tempat wisata ini terletak di tepi jalan lingkar Ambarawa dan sangat mudah untuk anda temukan karena tempat ini memiliki ciri khas di mana bangunan-bangunannya beratap joglo yang terletak di tengah hamparan sawah serta rawa menghijau. 

Tempat makan di tempat wisata ini pun sangat unik karena didesain dengan konsep terapung dan dibangun di atas rakit yang terbuat dari drum plastik bekas. Selain tempat makan yang unik, di Kampoeng Rawa anda pun dapat menikmati pemandangan yang dapat membuat anda sedikit rileks yaitu perbukitan yang mengelilingi rawa tersebut serta keindahan danau Rawa Pening.

2. Rawa Pening

Mendengar kata Rawa Pening memang sangat erat kaitannya dengan Ambarawa. Hal ini karena dilihat dari nama Ambarawa yang berarti amba adalah luas dan rawa adalah rawa. Oleh karena itu, keberadaan Rawa Pening ini selalu dikait-kaitkan dengan sejarah adanya Ambarawa pada masa lalu. Jika anda berlibur ke tempat ini, anda dapat naik perahu untuk menikmati keindahan Rawa Pening di mana pada rawa tersebut banyak ditumbuhi enceng gondok yang memang dimanfaatkan sebagai bahan dasar souvenir.

3. Museum Palagan Ambarawa (Monumen Palagan Ambarawa)

Seperti yang sudah saya uraikan di atas bahwa Palagan Ambarawa merupakan salah satu wisata budaya yang sudah banyak dikenal orang. Di sinilah tempat pertempuran besar terjadi pada masa penjajahan Jepang tahun 1945. Di Museum Palagan atau Monumen Palagan ini anda dapat melihat beberapa benda bersejarah khususnya untuk alat transportasi kereta api. Museum ini berada di Jalan Mgr. Sugiyopranoto.

4. Gua Maria

Untuk tempat wisata yang satu ini memang dapat anda manfaatkan sebagai wisata religi, khususnya bagi anda yang beragama Nasrani. Selain itu, di Gua Maria ini terdapat taman yang sangat disayangkan jika anda lewatkan. Selain wisata religi, anda pun juga dapat melakukan wisata alam yang cukup menghibur dan membuat anda sedikit rileks.

5. Museum Kereta Api Ambarawa

Di Ambarawa, Anda juga dapat menemukan Museum Kereta Api Indonesia yang merupakan rumah bagi 21 lokomotif tua. Lokomotif tertua tersebut salah satunya adalah Hartmann Chemnitz yang berangka tahun 1891 dan masih sempat beroperasi hingga tahun 1970-an.

Di dekat museum ini juga terdapat sebuah Gua Perawan Maria dan Jalan Salib yang dikelilingi oleh taman bunga dan kolam ikan. Sedikit kemudian Anda lanjutkan arah perjalanan ke barat tepatnya di dataran tinggi Dieng terdapat kuil kuno yang dikenal sebagai Gedong Songo yang dibangun antara 730 -780 M pada masa Dinasti Sanjaya. 

Juga tidak jauh dari Ambarawa terdapat perkebunan kopi Losari dan kota bukit Bandungan yang merupakan tempat rekreasi favorit di Semarang dan Yogyakarta. Ambarawa juga memiliki sisi sejarah yang suram yaitu ketika Perang Dunia II, Jepang menahan  orang-orang Eropa di kamp-kamp di kota ini.

Transportasi


Ambarawa dapat ditempuh sekitar satu setengah jam perjalanan dari Semarang, ibu kota Jawa Tengah, atau sekitar 2 jam dari Yogyakarta.

Terminal bus Ambarawa disebut Terminal Bus Bawen. Jika Anda berada di Yogyakarta maka bisa pergi ke Stasiun Bus Giwangan. Jika Anda berada di Semarang, lanjutkan ke Terminal Bus the Terboyo, kemudian dari Ambarawa bisanya bus lagsung ke Yogyakarta.

Bus-bus yang direkomendasikan adalah: PO Raya, Kramat Djati, dan Nusantara.
view plainprint?