Wisata Alam Curug Benowo Dan Curug Lawe

Wisata Alam Curug Benowo Dan Curug Lawe - Curug Benowo terletak di Lereng Gunung Ungaran, Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Curug dalam Bahasa Jawa berarti Air Terjun. Eksotisme Curug Benowo ini mungkin sulit unutk dicapai orang kebanyakan, karena tempatnya benar benar alami, jalannya setapak, naik turun, mungkin hanya direkomendasikan pada para pecinta alam atau mereka yang suka tantangan, tidak untuk kebanyakan orang apalagi rekreasi keluarga. Dibalik capeknya medan menuju lokasi akan terbayar oleh keindahan pesona alam curug Benowo ini dan Pemandangan Air Terjun yang Eksotis. Di dekat Curug Benowo ini juga terdapat curug lainnya, yaitu Curug Lawe yang tak kalah indahnya.

Puas menikmati keindahan curug Benowo, langkah kaki menuju sisi kanan air terjun. Jalan setapak ini akan mengantarkan kaki menuju curug Lawe. Kembali masuk hutan primer yang basar, sebab gutasi dari dedauan mirip rintik-rintik hujan. Kelembapan yang tinggi membuat batang-batang tanaman ditumbuhi subur oleh lumut. Sungguh nuansa yang jarang ditemui dibeberapa hutan kita yang sudah banyak dijarah.

jarak tempuh dari Benowo menuju Lawe sekitar 1Km dengan lewat jalan setapak yang naik turun berkelok. Sesaat sebelum sampai di Lawe, kaki mau tidak mau harus berendam karena akan menyusuri sepanjang sungai.

Gemericik aliran sungai irigasi di sisi kanan dengan aliran yang deras. Di bawah sana sekitar 90m suara gemuruh sungai terdengar dengan riuhnya. Suara-suara pengguni hutan baik mamalia berupa Kera eko panjang (Macaca fascicularis) dan bangsa Aves dengan keciauan merdunya. Tak berepa lama akan dijumpai sebuah jembatan dari besi yang berfungsi sebagai jembatan air dan sungai.

Jembatan ini berfungsi untuk mengalirkan air dan di atasnya berfungsi untuk pejalan kaki. Lumut-lumut nampak menghijau diatas papan-papan yang selalu basah, sehingga langkah kaki harus hati-hati karen licin. Di sisi kiri jembatan bisa menikmati sungai dari ketinggian, dan bagi penikmat ketinggia inilah tempat yang menarik.

Hutan di sini masih sangat terjaga dengan baik. usut punya usut, Konon tanah disini dikuasai oleh TNI dibawah Kodam IV Diponegoro. Dengan tanah yang dikuasai militer, maka kelestarian hutannya masih terjaga dengan baik. Hutan primer yang masih seperti aslinya dan tidak ada yang mengusiknya.

Lokasi

Curug Benowo dan Curug Lawe berlokasi di kawasan Gunung Ungaran yang secara administratif terletak di Gunung Pati, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah

Akses

Berjarak 12 km dari kota Semarang atau 7 km dari kota Ungaran. Dari Ungaran (alun-alun) mengambil arah ke Mapagan melalui jalan tembus arah ke Boja. Sesampainya di Boja ambil belokan ke kiri di desa Sumur Gunung. Selanjutnya dari pertigaan Sumur Gunung tersebut diteruskan ke arah selatan hingga perkebunan cengkeh zanzibar sekitar 3 kilometera dengan kondisi jalan menanjak. Sesampai di perkebunan ini bagi yang membawa kendaraan dapat memarkirkan kendaraannya di dekat geust house.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas di area curug masih terbilang minim, hanya ada satu toilet. Disarankan mempersiapkan bekal dan keperluan pribadi selama berkunjung ke area curug, karena tidak terdapat warung makanan. Untuk masalah penginapan bisa mencari di Kota Ungaran.