Wisata Kepulauan Kei Di Maluku Tenggara

Wisata Kepulauan Kei Di Maluku Tenggara - Kepulauan Kei yang berada di Maluku Tenggara dianugerahi terumbu karang yang produktif dan berlimpah, dikelilingi laut yang dalam. Seperti kebanyakan masyarakat Maluku, mata pencaharian orang Kei merupakan suatu kombinasi dari kegiatan bercocok-tanam, berburu, dan menangkap ikan di perairan sekitar pantai. 

Karena Kepulauan Kei tidak menghasilkan rempah-rempah ataupun komoditas yang bernilai tinggi lainnya selain kayu, perahu dan teripang, maka kepulauan Kei luput dari perhatian pedagang dan kolonialis Barat sampai dasawarsa terakhir abad ke-19. Ikan dan kerang berlimpah ruah di laut sekitar Kepulauan Kei. Menangkap ikan adalah aktivitas sekunder; keluarga-keluarga umumnya menghabiskan lebih banyak waktu untuk bercocok tanam.




PANTAI NGURBLOAT

Berjarak 17 km dari Langgur Ibukota Maluku Tenggara di Desa Ngilngof yang dapat ditempuh dalam perjalanan 15 menit dari Bandara Dumatubun kearah Barat. Merupakan salah satu pantai terindah di dunia…dengan Nama Pantai Ngurbloat dalam Bahasa Kei yang artinya "Pasir Panjang". Terbetang Pasir Putih halus seperti tepung sepanjang 3 km dari selatan ke utara serta dihiasi pohon nyiur melambai. Tersedia pula 4 buah Guest House untuk para Tamu.tersedia menu tradisional sea food serta seperti, Ikan bakar, Kerang, rumput laut dan sayur sir-sir. Disini dapat dinikmati suasana sunset yang sangat indah……..

PANTAI NGURSARNADAN

Berjarak 18 km dari Langgur Maluku Tenggara dengan waktu perjalanan selama 18 menit dengan menggunakan kendaraan darat…..Memiliki Pantai yang indah serta terdapat karang yang indah untuk bersnorkling ..tersedia 2 buah Guest House untuk Pengunjung…,Dibagian atas pantai terdapat ketinggian dengan pemandangan kelaut yang sangat indah . Dari Pantai ini kita dapat berjalan sepanjang Pantai sampai ke Pantai Tetangga Ngurbloat… 

ESA BUDAYA BANDA ELY

Desa Banda Ely terletak di Kei Besar Utara Bagian Timur, ditempuh dalam waktu 4 jam perjalan dengan menggunakan kendaraan laut. Penduduknya berasal dari Pulau Banda. Kedatangan mereka di Kei Besar pada tahun 1621 ketika terjadi peperangan melawan Belanda dibawah pimpinan J.P. Coen. Penduduk Banda Ely masih menggunakan Bahasa aslinya dan memegang teguh tradisi mereka seperti seni music dan tariannya. Desa ini merupakan pusat kerajinan tangan (handicraft) seperti besi, perak dan tembikar. dI dekat desa Banda Ely di Desa Haar terdapat sebuah pantai dengan karang yang indah . Disekitar Desa tersebut mencapai gunung Ar dimana terdapat benteng dan kampung tua.

PANTAI DAFTEL

Pantai ini terletak di desa Ler Ohoilim disebelah barat Kei Besar dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari Elat dengan kendaraan Darat. Pemandangan yang indah dengan ombak yang besar menjadi tempat reksreasi yang sangat menyenangkan.
view plainprint?