Wisata Alam Talaga Bodas Garut

Wisata Alam Talaga Bodas Garut - Talaga Bodas merupakan kawah yang membentuk sebuah danau dengan air berwarna putih. Kawasan TWA ini dikelola oleh BKSDA Jawa Barat II dengan status kepemilikan lahan oleh Departemen Kehutanan. TWA Talaga Bodas dikelola berdasarkan aspek legalitas berupa SK Mentri No : 98 / KPTS / UM / 1978. Kawasan TWA Kawah Talaga Bodas memiliki luas kawasan sebesar 23,85 ha. kawah Talaga Bodas berada di ketinggian 1512 m diatas permukaan laut dengan konfigurasi umum lahan berbukit dan kemiringan lahan yang curam. 

Daerah Kawah Talaga Bodas memiliki temperatur rata-rata 24-26 derajat celsius per tahun, dengan curah hujan 1321 mm / tahun serta penyinaran matahari yang sedang. Flora dominan kawasan sekitar Kawah Talaga Bodas berupa tanaman kebun seperti ; tomat, kol dan rumput ilalang. Kondisi lingkungan Kawah Talaga Bodas cukup baik dengan kebersihan dan bentang alam yang tergolong baik. 




Talaga Bodas mengandung arti ‘Telaga Putih’. Mungkin kita pernah ke Pangalengan, Bandung terdapat obyek wisata Kawah Putih, maka di Garut pun ada Kawah Putih Talaga Bodas. Orang-orang menamakan Kawah Putih karena bentuknya sama seperti yang di Pengalengan, padahal sangat berbeda.

Menurut saya Kawah Putih di Garut lebih bagus, karena tidak begitu banyak pohon kering dan lebih bersih. Selain itu juga di sini terdapat pemandian air panas alami dan lokasi untuk trekking.

Talaga Bodas ini terletak di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Rute perjalanan ke Kawah Putih di Garut ini tidak sulit. Jika menggunakan angkutan kota, Baraya, bisa naik dari Terminal Guntur-Sukawening, jarak tempuh dari Garut sekitar 14 km. Kalau dari Wanaraja ke lokasi 6 km, waktu tempuh hanya sekitar satu jam saja.

Kondisi jalan menuju Kawah Talaga Bodas juga relatif baik, hanya ada beberapa bagian kecil jalan bebatuan, tapi masih aman. Perlu diingat jalanan dari Garut menuju Kawah Putih ini rusak, paling cepat 1 jam dan paling lama 2 jam.

Meskipun jalanan rusak menuju obyek wisata ini, namun kita tidak akan bosan karena disuguhi pemandangan alam yang indah. Di sisi kiri lembah kita bisa melihat jelas Gunung Sidahurip yang konon merupakan Piramid terpendam. Entah benar apa tidaknya mitos ini memang gunung ini terlihat tampak seperti Pyramid.

Untuk menuju Talaga Bodas kita harus melewati tanah berbukit-bukit dengan kecuraman cukup tinggi. Penduduk sekitar memanfaatkannya menjadi kebun sayuran seperti kol dan tomat. Sedangkan Kawah Talaga Bodas sendiri berbentuk danau berwarna putih dengan kepulan asap membumbung tinggi.

Setelah sampai ke lokasi parkir di Talaga Bodas, kita harus jalan lagi sekitar 15 menit menuju Kawah. Jika ingin berkunjung ke Talaga Bodas, sebaiknya siapkan perbekalan makan minum. Tapi kalau hanya untuk sekadar ngopi dan menikmati jagung bakar, di sekitar tempat wisata Kawah Talaga Bodas, ada beberapa warung yang juga menyediakannya.

Setelah sampai kita bisa berfoto-foto di lokasi ini, tetapi harus hati-hati karena ada beberapa pasir isap yang panas di sekitar lokasi kawah. Nah, buat yang mengunjungi Garut, jangan lupa mampir sejenak ke Talaga Bodas ini..
view plainprint?