Tempat Wisata Raja Ampat Pulau Wayag

Tempat Wisata Raja Ampat Pulau Wayag - Keunikan adalah saripati dari sebuah daya tarik wisata. Tak banyak sebuah daya tarik wisata memiliki keindahan berbeda saat dilihat dari delapan penjuru mata angin, atau pun dari atas dan bawah permukaannya. Kepulauan Wayag adalah salah satu tujuan wisata luar biasa dengan keistimewaan itu. Kemana pun pandangan dilepaskan dengan atau tanpa  kaca mata hitam maka setiap warna dan bentuk yang berlabuh di persepsi kita tentang Kepualaun Wayag hanya mampu memberikan satu makna, yaitu kepuasan. 

Mari kita lihat kumpulan pulau karst ini dari sisi lain, di luar kenyataan bahwa Kepulauan Wayag adalah saripati dari Kepulauan Raja Ampat yang terletak di coral triangle di Asia Pasifik. Seperti hidangan utama dalam sebuah pesta, Kepulauan Wayag dapat menaikan tekanan darah lebih cepat hanya dengan melihatnya saja, belum lagi menyentuh dan menghirupnya. Anda seperti ada di dalam etalase karya-karya alam terbaik. Keindahan ini begitu nyata namun seperti di dunia mimpi yang dilukis oleh warna sehingga sulit diurai oleh kata-kata.




Hampir dipastikan bahwa di Kepulauan Raja Ampat, makanan khas selalunya dihubungkan dengan ikan bakar dari segala jenis ikan yang kaya disediakan oleh lautan luas. Cara memasak ikan yang sedikit berbeda ialah Ikan Bumbu Kuning. Pesanlah di tempat Anda menginap dan rasakan kegurihan yang dimiliki setiap bumbu yang berasal dari pulau rempah-rempah terdekat.

Karena sulitnya akses dan jarak yang tidak dekat antara satu pulau dengan pulau lain, ketersediaan restoran hanya ada di tiap resort atau di Ibu kota Raja Ampat, Waisai. Datanglah ke pasar Waisai yang tidak jauh dari pelabuhan, dan temukan beberapa restoran kecil yang menyediakan banyak masakan khas nusantara.

Transportasi


Transportasi dapat menjadi komponen biaya perjalanan yang paling tinggi bila Anda bepergian di Raja Ampat.Maka dari itu, mengunjungi Kepulauan Raja Ampat lebih murah bila semua biaya ditanggung bersama-sama dengan teman perjalanan. Perjalanan berkelompok akan menekan biaya perjalanan sangat signifikan.

Sebelum melakukan perjalanan lebih jauh ke bagian-bagian menarik di Raja Ampat, Anda diwajibkan membeli pin masuk Raja Ampat seharga Rp 250.000 di Hotel JE Meridien, di seberang Bandara Dominik Eduard Osok, Sorong.  Dengan pin ini, yang merupakan bagian dari system tag konservasi alam Raja Ampat, Anda dapat memasuki kawasan Raja Ampat bebas selama satu tahun tanpa harus membelinya lagi.

Selalu kenakan tabir surya sebelum berpetualang, baik di perairan maupun daratan Kepulauan Raja Ampat.Walau tidak merupakan bagian Papua pedalaman, sebaiknya Anda tetap memakan pil kina sebelum datang ke Raja Ampat.

Perlu kurang lebih tiga drum bahan bakar bensin murni untuk mencapai Kepulauan Wayag dan kembali. Ini pun tergantung dari jenis perahu yang digunakan untuk mencapainya, serta titik-titik mana saja yang akan dilalui saat pergi dan kembali. Transportasi menjadi sebuah tantangan tersendiri bila ingin bermobilitas di perairan Kepulauan Raja Ampat. 

Perjalanan yang memakan waktu empat hingga enam jam dari Waisai, Ibu kota Raja Ampat, akan memerlukan biaya sebesar Rp 5 juta hingga Rp 6 juta untuk perjalanan itu saja. Cukup mahal bila dibandingkan di kemudahan bertansportasi di Pulau Jawa, tapi tak terbandingkan dengan kepuasan yang diraup.

Akomodasi


Tidak ada penginapan yang dibangun di sekitar Kepulauan Wayag, kecuali Kantor Conservation International.Letaknya yang ‘lepas’ hampir menjadikan kepulauan ini sebagai pulau ‘terdepan’ di gugusan kepulauan di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka dari itu, suplai bahan kebutuhan sehari-hari akan menjadi terlalu sulit untuk seseorang tinggal di Kepulauan Wayag, selain lokasinya yang jauh dan memiliki konsekuensi biaya transportasi yang luar biasa tingginya.
view plainprint?