13 Tempat Wisata Pantai Di Malang Jawa Timur

13 Tempat Wisata Pantai Di Malang Jawa Timur - Berwisata ke pantai di akhir pekan atau saat liburan pastinya akan menyenangkan. Pemandangan alam laut yang memukau akan membuat pikiran kita menjadi segar. Tak perlu jauh-jauh ke Bali yang menjadi surga pecinta pantai di Indonesia untuk menikmati keindahan itu. Di Pulau Jawa ada banyak pantai eksotis yang belum terjamah. Di kota Malang misalnya, kita bisa menikmati pantai-pantai yang indah. Wisata pantai di kota bunga  ini tersebar di wilayah Malang bagian selatan.

1. Pantai Balekambang 


Pantai Balekambang berada di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, sekitar 70 kilometer arah selatan Kota Malang, Jawa Timur. Pantai ini landai dan dipenuhi dengan karang laut yang membentang sepanjang 2 km dengan lebar 200 meter ke arah laut. Sewaktu air laut surut tampak ikan hias serta aneka ragam biota laut lainnya berkerumun di atas air. Pantai yang dijuluki Tanah Lot-nya Jawa ini cukup menawan dan layak dikunjungi, khususnya di akhir pekan. Suasananya sangat asri, pantainya juga bersih dan terawat. Pasir putih sepanjang dua kilometer berpadu dengan ombak yang menggulung sungguh memanjakan mata pengunjung. 




Pantai Balekambang memiliki semua fasilitas yang diperlukan wisatawan, mulai dari warung makan tradisional, restoran, penjaga pantai, toko suvenir, toilet umum, tempat parkir yang luas, camping ground, kantor informasi, bungalow sederhana, mushola dan pendopo, hingga penginapan. Bahkan kini ada wahana flying fox. Harga tiket masuk lokasi wisata ini adalah Rp 15.000 per orang.

2. Pantai Sendang Biru


Pantai Sendang Biru berada di kecamatan Sumbermanjing Wetan.Tepatnya di 30 Km bagian selatan Malang. Pantai Sendang Biru sendiri adalah obyek wisata yang sangat indah . Di samping itu, bagi mereka yang ingin menyebrang ke pulau Sempu, pasti harus melewati pantai Sendang Biru terlebih dahulu. Dengan adanya pulau Sempu ini, membuat pantai Sendang Biru memiliki ombak yang tidak terlalu besar layaknya pantai laut selatan lainnya. Tiket masuk pantai ini adalah Rp 5.000,- /orang

3. Pantai Ngliyep


ngliyep-beach-sunsetPantai Ngliyep cukup bersih dan sunyi. Anda akan merasakan seolah sedang berada di pantai pribadi. Lokasi Pantai Ngliyep tepatnya berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, sekitar 62 km arah selatan dari kota Malang. Tiket masuk pantai ini adalah Rp 5.000,- per orang. Di pantai ini, wisatawan akan menemui banyak batu karang. Paduan antara pasir putih, tebing yang curam serta kawasan hutan lindung akan membentuk lanskap alam yang indah dan menakjubkan. 

Hamparan pasir luas yang ada di Pantai Ngliyep itu bernama Teluk Putri dan Pasir Panjang. Setiap tahun, tepatnya pada bulan Maulud dalam penanggalan Jawa, pantai Ngliyep lebih ramai dari biasanya. Tepatnya pada tanggal 15 digelar acara ritual bertajuk upacara Labuhan. Konon upacara Labuhan ini pertama kali dilaksanakan untuk menghindarkan wabah penyakit yang sedang menyerang penduduk desa setempat. 

Akses jalan menuju ke pantai ini dari pusat pemerintahan Kabupaten Malang yaitu Kepanjen, tergolong mudah. Infrastruktur jalannya memadai dan medan yang tidak terlalu ekstrem, sangat memudahkan perjalanan kami yang kala itu menggunakan sepeda motor.

4. Pantai Kondang Merak


pantai-kondang-merak1Pantai ini terletak di Kecamatan Bantur sekitar 64 km dari kota Malang atau tepatnya berada 2 km di sebelah Pantai Balekambang. Awal mula mengapa pantai ini disebut dengan nama ‘kondang merak’ adalah ketika penduduk setempat sering melihat burung Merak singgah untuk minum air tawar yang ada di sekitar pantai. Kondang Merak merupakan pantai yang masih alami. Selain luas, pasir putihnya bersih dengan ombak yang bersahabat alias tidak terlalu tinggi. Cobalah berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Anda akan merasakan hamparan pasir yang lembut. 

Di beberapa bagian pantai dihiasi rindang pepohonan serta batu karang besar yang kokoh dan menambah kecantikan kawasan ini. Keindahan panorama Kondang Merak semakin nyata terlihat kala air laut sedang surut. Ada koral dan ganggang laut yang menyejukkan mata Anda. Sesekali burung elang berterbangan menambah indah suasana. Berwisata ke Kondang Merak akan menjadi pengalaman liburan yang tidak akan terlupakan. Eksotisme Pantai Kondang Merak dapat kita nikmati dengan membayar tiket masuk Rp. 3000 per orang.

5. Pantai Bajul Mati


Pantai Bajulmati berlokasi di Desa Bajulmati, Kelurahan Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, tepatnya 58 Km arah selatan dari kota Malang atau sekitar 10 menit dari Pantai Goa Cina. Apabila ingin bepergian ke Pantai Bajulmati, Pantai Sendang Biru dan Pantai Goa China ini sebaiknya lewat Turen, Sumbermanjing Wetan. Dalam perjalanan menuju pantai ini harus hati-hati, meskipun jalan terbilang mulus tapi banyak jalanan yang menikung tajam layaknya jalan-jalan di pegunungan. Kebugaran kendaraan harus diperhitungkan, sebab jalan sangat sepi dan tidak mudah untuk mencari bantuan.

Pantai Bajulmati mempunyai kelebihan yaitu dengan teluk-teluk nan indah. Selain menghadirkan pesona alam laut selatan, Pantai Bajulmati juga dikenal sebagai pantai yang unik. Seperti namanya yakni Bajulmati yang berarti Biawak Mati (Buaya Mati), di pantai ini Anda dapat melihat beberapa gugusan bukit diseberang pantai yang terlihat dari kejauhan seperti bajul mati. Pantai ini merupakan pula tempat yang baik untuk berkemah.

6. Pantai Tamban


Pantai Tamban tepatnya terletak di Desa Tambak Rejo atau Desa Tamban, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.Pantai masih belum dikelola sepenuhnya sebagai tempat pariwisata,jadi masih terkesan alami dan apa adanya.Namun disana anda tidak perlu khawatir tentang makanan atau minuman karena lokasi pantai adalah kampung nelayan dan banyak yang berjualan aneka makanan.

Ombak dipantai Tamban tidak terlalu besar karena ombak masih sedikit terhalang oleh pulau sempu yang ada di sebelah barat laut dari pantai tamban. Pantai berpasir putih dan ombak yang landai sehingga cukup nyaman jika untuk berenang,namun jangan jika tidak berpengalaman berenang.

7. Pantai Goa Cina


Pantai Goa Cina merupakan pantai yang letaknya berdekatan dengan pantai Sendang Biru. Jarak dengan pantai Sendang Biru dengan Pantai Goa Cina sekitar 6 KM ke arah barat, tepatnya berada di dusun Trowotratih, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Di sekitar pantai yang ditemukan oleh pertapa keturunan cina (1950) ini juga terdapat banyak Goa sehingga pantai ini pun dinamakan dengan sebutan pantai goa cina.

Keindahan alamnya yang masih asri nan alami dan beberapa pulau-pulau kecil di tengah laut ikut menghiasi keindahan alam pantai Goa Cina. Pemandangan alam pantai disini memang sangat indah namun sayangnya pengunjung wisatawan tidak boleh berenang di pantai ini karena arusnya bawah lautnya yang deras dan ada yang kedalaman lautnya curam. Tiket masuk ke Pantai Gua China adalah Rp. 4000,-  per orang.  

8. Pantai Sipelot


Pantai Sipelot . Terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtuyodo, Dampit Selatan, Malang . Berada di sekeliling perbukitan kapur yang penuh tumbuhan hijau, pantai ini memberikan kesejukan dan kesegaran alami pantai untuk para pengunjung. Ditambah lagi, bentuknya yang menyerupai teluk dengan tabuaran pasir pantai berwarna kecoklatan, semakin memperjelas keindahan hamparan luas lautan biru yang jernih alami.

Daya tarik lainya disini adanya air terjun di dekat Pantai Sipelot ini, oleh penduduk setempat dinamakan Coban Sipelot. Untuk mencapainya Anda harus menyeberangi teluk terlebih dahulu. Di sini banyak perahu nelayan yang bisa mengantarkan menuju Coban Sipelot

9. Pantai Licin


Pantai merupakan wisata alam yang selalu menarik untuk di kunjungi. Selain Pantai Sendang Biru dan Pantai Balekambang yang namanya sudah tidak asing lagi bagi Anda, ternyata ada satu lagi pantai yang tidak kalah mempesonanya. Bagi Anda yang gemar berpetualang di wisata alam makan pantai yang satu wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di wilayah Malang, yakni Pantai Licin. Pantai Licin merupakan pantai eksotis yang berada di Kabupaten Malang.

Sebenarnya belum banyak orang yang mengetahui keberadaan pantai ini, hal ini dikarenakan letaknya yang sulit untuk dilalui yakni terletak di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, sehingga membuat pantai ini belum begitu banyak dikenal oleh para wisatawan.

Keunikan warna pasir di Pantai Licin ternyata berasal dari aliran lahar dari Gunung Semeru yang kemudian bermuara di sisi Timur Pantai Licin, Kabupaten Malang. Bukan hanya itu, Pantai Licin juga merupakan salah satu Pantai di kawasan Malang yang memiliki lokasi strategis untuk menyaksikan matahari terbit yang sungguh menakjubkan.

10. Pantai Sidoasri


Pantai Sidoasri yang terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan , Kabupaten Malang. Di Pantai Sidoasri ini bagian kanan dan kiri pantai dipenuhi pepohonan hijau nan rindang. Tebing-tebing juga cukup rimbun dengan berbagai macam pohon besar. Pantai ini benar-benar seperti gadis ayu yang belum terjamah tangan-tangan nakal. Pasir putih memanjang sekitar satu kilometeran terlihat bersih mulus.

Namun untuk menuju ke pantai ini akan ditemui medan yang berat banyaknya tanjakan dan jalan menurun cukup curam. Kanan kiri jalan dipenuhi tebing dan jurang. Namun dipenuhi tetumbuhan produktif seperti cengkeh, kopi, coklat, kelapa, dan segala jenis pohon-pohon besar lain. Sekitar satu kilometer menjelang pantai, jalan semakin parah. Tidak ada lagi tanjakan, jalan cukup mendatar, namun kondisinya berlobang karena tanah persawahan dan hanya cukup untuk satu mobil saja .

11. PANTAI JONGGRING SALOKO 


Jawa Timur memang merupakan kawasan yang menawarkan berbagai macam pesona laut yang menakjubkan. Baik wisata laut yang namanya sudah tersohor maupun yang belum begitu terkenal seperti Pantai Jonggring Saloko. Pantai Jonggring Saloko sendiri merupakan sebuah Pantai yang berlokasi di kawasan Donomulyo – Malang Selatan atau lebih tepatnya berada di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. 

Memang hingga saat ini nama Pantai Jonggring Saloko masih belum sepopuler pantai pantai lainnya yang ada di kawasan Malang Selatan, hal ini diperkirakan karena akses jalan menuju ke pantai tersebut lumayan sulit dan tidak bersahabat. Namun meski rute yang kita lewati terbilang terjal, berkelok kelok dan bebatuan, kesulitan dalam melewati jalan tersebut akan terbayar setelah sampai dilokasi utama Pantai Jonggring Saloko.

12. PANTAI MODANGAN


Pantai memang merupakan wisata alam yang menyimpan sejuta keindahan. Pantai Mondangan merupakan salah satu objek wisata yang berlokasi di daerah perbatasan antara Kabupaten Malang dengan Kabupaten Blitar, yakni lebih tepatnya berada di Dusun Kalitekuk, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo – Kabupaten Malang atau berada 65 km dari arah barat pusat Kota Malang. Pantai Modangan meyajikan keindahan panorama pantai yang masih alami, asri dan sangat bersih. Hal ini dikarenakan Pantai Modangan masih belum banyak tersentuh tangan manusia.

13. PANTAI TAMBAK ASRI


Kota Malang atau yang lebih tepatnya kawasan Malang Selatan merupakan salah satu tempat yang menyimpan deretan pesona alam laut yang begitu menakjubkan. Salah satu pantai yang menyimpan sejuta pesona alam ialah Pantai Tambak Asri. Meskipun namanya belum begitu banyak dikenal namun Pantai ini menawarkan keindahan alam yang tidak kalah dibanding pantai pantai lainnya yang terletak di kawasan Malang Selatan. 

Bahkan pantai ini disebut sebut masih berstatus “perawan”, hal ini di karenakan pantai ini masih belum banyak terjamah oleh wisatawan. Pantai Tambak Asri sendiri terletak di Krajan Tambakrejo, Desa Tambakasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang Selatan atau berjarak kurang lebih 85 km dari pusat Kota Malang.
view plainprint?